Minggu, April 18, 2010

Motor Baru Suzuki 2010

Awal 2010 kemarin, beredar kabar bahwa Suzuki akan menelurkan 5 sampai 7 produk baru selama tahun 2010. Tentu saja akan ada produk yang benar2 baru dan ada juga yang hanya facelift atau minor change (perubahan kecil). Kalau melihat hasil penjualan tahun 2009 dimana Suzuki hanya mampu menjual 438.138 unit atau hanya mencaplok sekitar 7 % market share Indonesia. Lantas apa yang akan dilakukan Suzuki untuk meningkatkan performa penjualannya?Well sampai akhir semester pertama 2010 kemarin, belum ada satu pun produk baru di jajaran line up Suzuki. Kemungkinan terbesar produk yang benar2 baru dan sedang dalam proses produksi adalah New Smash 113cc yang kemungkinan bernama Smash Titan. Produk selanjutnya yang mungkin akan segera menyusul adalah matic Jelato 125 cc yang sudah terlebih dahulu meluncur di Thailand dan kemungkinan besar menggantikan Spin 125 yang hampir enam tahun mengisi line up Suzuki.
So whats up dengan 6 tahun?? Kalo kita perhatikan, Suzuki adalah pabrikan jepang yang paling sering melakukan "discontinue" produk dan menggantikan dengan produk yang benar2 baru, bahasa kerennya inovasi. Klo kita liat produk Thunder 250 yang mulai produksi tahun 99 dan stop tahun 2005, maka dengan teori siklus 6 tahun tersebut Thunder 125 (mulai produksi 2004) akan dihentikan produksinya di tahun 2010 ini, apalagi penjualannya pun tak terlalu menggembiraka, merosot tajam dengan membukukan hanya 26.599 unit, jauh menurun dibanding tahun2 sebelumnya yang rata2 menembus 100 ribu unit. Lantas penggantinya apa?

Kencang berhembus sejak tahun 2008 bahwa Suzuki akan mengeluarkan New Thunder 150cc.
Tp kalau kita perhatikan line up Suzuki Internasional, produk 150cc Suzuki hanya GS150R yg diproduksi Suzuki India. Modelnya ga terlalu sensasional untuk ukuran motor2 di India. Menurut saya GS150R ini perlu banyak penyesuaian untuk diterima market Indonesia, diantaranya headlamp yang disederhanakan, serta penghilangan sok stereo double menjadi monoshock. Selanjutnya bs ditambahkan penggantian diameter pelek menjadi 17'. Apabila tetap masuk seperti aslinya di India, produk ini akan sangat sulit bersaing dengan produk kompetitor lainnya yang rencananya akan masuk jg seperti FZ 160, atau Unicorn 150.


Bahkan ekspektasi penggila motor di Indonesia lebih memilih penggunaan mesin fenomenal dari Satria FU 150cc DOHC untuk dijadikan model motor light sport atau naked bike seperti Thunder. Dengan penambahan cost produksi sebesar Rp 2-2,5 juta dari harga Satria FU150 yang sekitar 19 jutaan, sepertinya konsumen indonesia masih dapat menerima, terlebih mesin DOHC 150cc ini sudah sangat dikenal kekuatan dan perawatannya, bahkan suzuki sudah memproduksi mesin ini beserta sparepart2nya di Indonesia sejak 2009, tidak lagi (CBU) Thailand seperti saat awal masuk Indonesia.

Well keputusan semua ada di Suzuki, apakah mau memberikan yang benar2 diinginkan konsumen Indonesia??

Nb: Semua gambar adalah "edit mode" blog GTMC, apabila ada kesamaan hanyalah kebetulan belaka ha2..

Label: , , ,