Jumat, Juli 25, 2008

New Suzuki 250cc di 2008 ini..??

Gosip santer mengenai akan munculnya kembali motor 250 cc dr Suzuki memang berhembus kencang di forum2 di dunia maya dan komunitas2 pemakainya. Hal ini pun di dukung dengan pernyataan2 dr petinggi IMNI selaku atpm Suzuki di Indonesia. Hal ini disebabkan respon yg bagus dr produk CKD 250cc pabrikan tetangga yg sekaligus membuktikan kerinduan motoris di Indonesia akan mesin 250cc lokal yg sempat vakum hampir 3 tahun lamanya sejak Thunder 250 “discontinue” thn 2005. Menurut manager marketing PT. IMNI, M. Setiawan pd saat itu (red 2001), Penjualan Thunder 250 sebenarnya bagus, sayang masuk disaat yg kurang tepat dimana pada saat itu (akhir 1999) Indonesia sedang parah2nya krisis ekonomi (krismon) dan nilai rupiah terus melemah. Masyarakat Indonesia pun dinilai belum bisa menyerap motor Sport 250cc karena dianggap terlalu besar dan mahal ditambah respon yg cukup baik setelah Thunder 125 jg dikeluarkan... Bicara Kapasitas 250cc, Suzuki Internasional sebenarnya sudah cukup lama memproduksi mesin 250cc mulai era 2T hingga 4T.
Diantaranya :
Sebenarnya masih banyak lagi motor2 250cc Suzuki lainnya yg belum disebutkan, tetapi kebanyakan memang untuk tipe off road, special engine, dan ATV.

Btw.. tentunya kita tau kan di mana posisi Thunder 250?? Yupz..kode mesin nya adalah GN 250 dan sepertinya jg mengalami downgrade power menjadi hanya 20 HP saja. Tentu saja akan tidak sesuai ekspektasi penikmat moge fanatik dengan 1 silindernya. Tetapi basis mesin ini masih diproduksi hingga saat ini (facelift) dengan kode GZ250 di jepang,eropa, dan amerika.

Mengenai kabar panas akan terjun kembalinya Suzuki indonesia di segmen 250cc yg market sharenya akan membesar karena semakin teredukatifnya masyarakat dan peningkatan perekonomian secara makro, santer berita mengenai model chopper atau GSF 250 bandit yg fenomenal itu. Tetapi sepertinya pilihan basis performa mesin dan model yang lebih modern adalah GSX 250 FX yg usianya jg terbilang muda. Tipikal motor Touring dengan penampilan naked bike modern. Untuk memberi value lebih, cukup mengganti suspensi depan Upside down dan monoshock di belakang. Penggunaan kembali nama Thunder series atau embel2 revo(new) sepertinya masih klop dengan bentuknya.

Alternatif lainnya mungkin bisa jg menggunakan basis 250 SB yang bermodel supermoto, mengingat tren supermoto memang sedang menjamur akhir2 ini dengan acuan modifikasi maupun even2 balap supermoto yg mulai marak,khususnya di Jawa Barat. Tetapi sebaiknya Suzuki memberikan nama yg baru untuk motor yg satu ini dengan maksud menciptakan lini produk baru.

Dengan kisaran harga jual Thunder 250 saat itu yg di angka 21 – 23 jt, kira2 akan berapakah harga motor dgn spec lebih tinggi?? Yang pasti PT.IMNI jangan sampai kehilangan momentum karena sebenarnya cukup banyak peminat motor sport Suzuki yang merindukan performa terbaik dan loyalis Suzuki EN125 yg siap upgrade ke 250 cc.


It seems, time will tell this 3rd semester 2008..



1 Komentar:

Pada Sabtu, April 25, 2009 12:06:00 PM , Anonymous Forum Humor mengatakan...

Wah asyik kalau ada gantinya thunder 250.

ditunggu deh Suzuki

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda