Jumat, November 13, 2009

Suzuki Profit, R&D pindah ke Indonesia

Mungkin strategi perang gerilya ada benarnya juga. Tiarap pelan pelan dan sabar untuk mengunci kemenangan. Kalau melihat penjualan Suzuki di Indonesia tahun 2009 ini yang cuma diangka 7-8 % market share, kita pasti berpikir Suzuki rugi besar. Eitss... nanti dulu!!! Rupanya ahli2 strategi Suzuki cukup cermat menerawang kondisi ekonomi dunia. Terbukti disaat banyak produsen motor dunia mengalami kerugian di tahun fiskal 2009, Suzuki malah membukukan keuntungan bersih ¥ 12,5 juta (yen) setelah pengurangan biaya produksi di semester pertama 2009 (sumber globalsuzuki.com). Secara year on year dengan 2008, mungkin penjualan Suzuki memang menurun jauh. Tetapi strategi tiarap tadi dimana mereka juga menurunkan kapasitas produksi cukup membantu neraca keuangan.

Nah ini berita baiknya.. Setelah memikirkan, menimbang
dan (mungkin) mendengarkan blogger2 penggemar Suzuki, maka untuk tahun 2010 nanti Suzuki akan memindahkan pusat riset dan pengembangan (R&D) produk roda dua nya dari Thailand ke Indonesia. Wow!!! what a big step for Indonesia.. Artinya setelah manajemen jepang mengambil alih Suzuki Indonesia, mereka pun serius menggarap potensi pasar motor Indonesia sebagai yang terbaik di ASEAN. Alibinya sih.. selain pasar motor Indonesia "kebal" terhadap krisis ekonomi, Sumber daya dan bahan baku disini juga mendukung untuk memproduksi motor mendekati 99% kandungan lokal. OK lah klo begituu..

Langkah awal Suzuki dimulai dengan menggelontorkan investasi dana senilai USD 50 juta dan menjanjikan 7 motor baru untuk diproduksi Indonesia, terutama di segmen skuter matic. Kemungkinan besar adalah memaksimalkan pabrik di Bekasi/ Plant Tambun. Pastinya selain menambah devisa negara, diharapkan akan menyerap banyak tenaga di Indonesia.. Amiien. Project selanjutnya adalah bagaimana mengupayakan kenaikan penjualan dan ekuitas merek Suzuki yang sempat menurun di Indonesia. Yuk kita bantu kawan2..

angga.rasyid@gmail.com

1 Komentar:

Pada Jumat, November 13, 2009 1:44:00 PM , Blogger Garut Thunder Motor club mengatakan...

Info Hot!!!
Bwt anggota GTMC yg merasa tertantang & mampu bekerja di Suzuki, krm aja lamaran ke:
HRPD-Recruitment
PT. Suzuki Indomobil Motor
Gedung Training Center TB1
Jl. P. Diponegoro Km 38,2
Tambun – Bekasi 17510
atau via email ke :recruitment@suzuki.co.id

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda