Selasa, Agustus 19, 2008

Flagship 125cc Suzuki = Thunder 125 injection ??

Sejak diproduksinya Suzuki shogun FD 125 tahun 2004 silam, tampaknya Suzuki keranjingan mempersenjatai line up mereka dengan mesin 125cc. Terbukti Dengan kehadiran Suzuki Arashi FH 125 di 2006 untuk menemani Shogun 125. Bahkan di segment skuter matic Suzuki sekaligus mengeluarkan 2 produk yaitu Spin 125 tahun 2006 disusul Skywave 125 setahun sesudahnya. Kalau kita perhatikan, tampaknya Suzuki berusaha menciptakan flagship di kelas 125cc dengan 2 klasifikasi dimana terdapat New Shogun FL 125 SW dan Spin 125 di kelas “mainstream”(menengah), serta Shogun 125 SP, Shogun injeksi, Arashi, dan Skywave 125 untuk kelas “high end”. Ini diperkuat dengan fitur2 tambahan dan tampilan lebih mewah. Lalu bagaimana dengan thunder 125 yang sejak 2004 melenggang sendirian di kelas sport 125cc ?? Kalau menganalisa trend flagship 125cc tesebut, seharusnya Thunder pun akan ditemani oleh sport 125 cc dengan fitur lebih mewah dan baru. Hal ini bukan sesuatu yang baru karena di India pun,Suzuki India mengeluarkan 2 produk motor sport di kelas 125cc melalui Suzuki Zeus 125 dan Suzuki Heat 125 untuk bersaing dengan 9 motor sejenis(sport) di kelas 125cc. Apabila memang demikian, calon terkuat untuk menemani thunder125 harus memiliki teknologi baru atau modern seperti system injeksi atau mesin DOHC 125 cc. Melihat fitur dan spesifikasi mesin tampaknya Suzuki VanVan RV 125 dan DR 125 SM memiiki peluang terbesar karena sudah menganut system injeksi. Bahkan ke duanya memiliki model kategori yg tidak umum yaitu japs tracker dan supermoto, model yang sering kali dipakai acuan modifikasi akhir2 ini,terutama di jawa barat. Model japs tracker sebenarnya pernah dijual di Indonesia melalui merek Hyosung Karion RT 125 seharga 24jt-an, ironisnya Hyosung justru merupakan merek korea tetapi menggunakan model yang kental aroma japs style tersebut. Artinya masih ada celah bagi model VanVan atau DR125SM menemani Thunder 125 dan berjaya di flagship 125 cc Indonesia.

Dalam strategi marketing pun,akan lebih baik meng"kanibal" produk/merek sendiri daripada market share terusik di kelas 125cc. Atau bisa jadi,dengan basis mesin EN125 dan menggunakan system injeksi, inilah model yang akan menjadi New Thunder 125Fi..

3 Komentar:

Pada Senin, Agustus 25, 2008 8:26:00 PM , Blogger Thunder Mania Indonesia mengatakan...

Baguz tuh,,,

Kapan di Indonesia??

Lam Knal yah,,,,

:)

 
Pada Jumat, September 05, 2008 3:44:00 PM , Anonymous Anonim mengatakan...

manteb2..msh bs podium pula!!

 
Pada Sabtu, Juli 11, 2009 4:55:00 AM , Blogger Unknown mengatakan...

yang paling keren menurut gue sih yang gambar paling bawah tuh....

suzuki DR125SM kan... supermoto banget..

dengan bodi yang mirip varian trail tapi ban aspal, mesin 125cc, dan kalo diliat lebih detail, kayaknya pake injeksi, bukan karburator seperti Thunder125 yang dipasarkan di Indonesia...

inikah cikal bakal mesin Thunder injeksi?

kalo boleh ngarep sih, varian DR125SM ini aja yang dipasarin, hehehheh...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda