Rabu, Juni 18, 2008

Monoshock Thunder buat touring..siapa takut !!!

Modifikasi Thunder 125 & 250 memang kebanyakan menganut gaya touring,terutama komunitas2 pemakai thunder yang memang penghobi touring. Tapi bukan berarti Thunder 125 tidak dapat dimodif sport naked bike dengan ciri aplikasi monosok, dan yang terpenting tetap layak dibawa touring jarak jauh.
Untuk penunjang, lebih baik mengganti swingarm (lengan ayun) bawaan thunder yang secara tampilan kurang sporty (pipa pendek) dan bahan kurang meyakinkan dengan lengan ayun custom (handmade), limbah moge, atau variasi khusus Thunder. Untuk membuat lebih sporty, ada baiknya memilih lengan ayun yg lebih panjang sehingga wheelbase (jarak sumbu roda) Thunder yg cm 1900 mm terlihat lebih panjang. Konsekuensinya butuh tambahan 3-5 mata rantai untuk menyambung sproket(gir) depan belakang,tergantung panjang lengan ayun. Dengan pertimbangan biaya dan kepresisian dalam pemasangan, lengan ayun sebaiknya memilih customs atau handmade karena kita juga dapat menentukan model, desain, dan lebar profil ban (dengan cakram) yang diinginkan selain tentu saja tidak perlu membuat bushing poros lengan ayun karena bisa disesuaikan dengan ukuran poros bawaan Thunder.


Untuk dudukan atas (titik pangkon monosok bagian atas) di Suzuki Thunder, sebaiknya mengambil di rangka tengah vertikal (subframe) tepat di bawah filter udara sehingga tidak perlu mengorbankan atau melepas filter udara. Teknik pengelasan yang baik diperlukan ketepatan agar kuat dan bisa menyetel sudut monosok. Untuk dudukan (pangkon) bawah ada 2 alternatif, (1)bisa memasang sistem klem dengan 2 plat 7 mm yang di las langsung di jembatan lengan ayun atau (2)menggunakan sistem unitrack. Sebagai catatan,penggunaan sistem unitrack harus dimulai dari desain lengan ayun sejak awal dan tentu saja menambah biaya membuat trackernya lagi. Kelebihan sistem unitrack yang baik akan memberikan kestabilan, monosok terlihat presisi, tidak terlalu menungging yang akan mengganggu handling. Kemiringan sudut monosok sebaiknya disesuaikan bobot rata2 pengendara (dengan boncenger), mulai dari 45 – 60 derajat. Setelah monosok dan lengan ayun terpasang,tinggal menyenterkan roda belakang dengan depan agar tetap simetris dengan penambahan bushing, apalagi bila menggunakan cakram belakang.

Biaya Monoshock Thunder :

  1. Swingarm Hadmade, atau variasi Rp. 250.000 - Rp. 500.000
  2. Unitrack Rp. 250.000
  3. Monoshock Jupiter MX / Satria FU (0ri) Rp. 350.000 - Rp. 500.000

Label:

Kamis, Juni 05, 2008

Daftar Harga Spare Parts Suzuki Thunder 125 & 250


Item-----------------------Thunder 125-------Thunder 250
Sepatbor Depan-------------Rp.172.600----------Rp.172.600
Sepatbor Belakang----------Rp.-------------------Rp.55.000
Body Filter (Kiri-Kanan)----Rp. 63.800-----------Rp. 63.800
Body Tail-------------------Rp. 42.000-----------Rp. 42.000
Bohlam Lampu Depan-------Rp. 41.600----------Rp. 42.800
As Shock Depan-------------Rp.160.000---------Rp. 370.000
Per Shock Depan------------Rp.33.800-----------Rp.
Shock Depan(Set,kiri-kanan)Rp.------------------Rp. 2.180.000
Bearing Roda Depan---------Rp. 23.900----------Rp.
Bearing Roda Belakang------Rp. 59.600----------Rp.
Accu------------------------Rp.276.000----------Rp. 276.000
Stang Seher Conrod---------Rp. 63.000----------Rp.
Bearing Stang Seher---------Rp. 111.090---------Rp.
Bearing Kruk as (set)--------Rp. 323.900---------Rp.
Busi-------------------------Rp.11.700------------Rp. 11.700
Footstep---------------------Rp. 20.000----------Rp. 20.000
Kabel Spidometer------------Rp. 28.200----------Rp. 37.000
Kabel Gas--------------------Rp. 21.800----------Rp.
Kabel Rem-------------------Rp.------------------Rp.
Kabel Kopling----------------Rp. 30.000----------Rp.
Paking Kopling---------------Rp. 11.000----------Rp. 4.400
Kampas Kopling (/Lembar)--Rp. 30.800----------Rp.59.700
Kampas Rem Depan----------Rp. 53.500----------Rp. 23.000
Kampas Rem Belakang-------Rp. 25.650-----------Rp. 25.650
Quid Cam panjang(Klep)------Rp.75.000-----------Rp. 132.200
Quid Cam pendek (klep)------Rp.46.000-----------Rp. 114.500
Rocker arm (set)-------------Rp. ------------------Rp. 395.000
Sil klep oli--------------------Rp. ------------------Rp. 72.800
O-ring tutup klep-------------Rp.------------------Rp. 20.000
Saringan Udara---------------Rp.47.100------------Rp.
Saringan Oli------------------Rp. 8400-------------Rp. 34.300
Tensioner (set) --------------Rp.-------------------Rp.342.900
Sproket (Gear) Depan--------Rp. 33.500-----------Rp. 177.700
Sproket (Gear) Belakang-----Rp. 78.700------------Rp. 169.400
Rantai Roda------------------Rp. 89.400-----------Rp. 646.700
Rantai Keteng----------------Rp. 212.200----------Rp. 356.600
Paking Kepala Silinder--------Rp. 22.100-----------Rp. 58.500
Piston------------------------Rp. 63.400-----------Rp. 238.300
Ring Piston-------------------Rp. 164,800----------Rp. 177.300
CDI---------------------------Rp. 382.200---------Rp. 1.551.200
Noken As---------------------Rp. ------------------Rp. 554.600
Kiprok------------------------Rp. ------------------Rp.278.800
Sokbreker Belakang (set)-----Rp.363.000----------Rp. 350.900
Komstir-----------------------Rp.70.000-----------Rp.

Label: , ,